Pengertian pemasaran adalah: fungsi, dan konsep pemasaran

Pengertian Pemasaran Secara Umum

Apa yang dimaksud dengan pemasaran? Definisi Pemasaran merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan produk baik barang maupun jasa dengan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan oleh khalayak luas.

Ada pula yang menyebutkan bahwa pengertian pemasaran merupakan gabungan dari berbagai aktivitas yang saling terkait dimana tujuannya untuk mengetahui kebutuhan konsumen atau pasar. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, jasa, dan promosi sehingga kebutuhan pasar dapat terpenuhi dan menguntungkan perusahaan.

Dapat dikatakan bahwa pemasaran merupakan penghubung antara produsen dan konsumen dalam suatu pasar. Artinya kegiatan pemasaran tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi juga mencakup semua strategi yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Baca juga: Strategi pemasaran

Fungsi Pemasaran di Perusahaan

 

Setiap perusahaan mengandalkan pemasaran dalam upaya menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi perusahaan. Itulah mengapa proses pemasaran sangat penting untuk semua bisnis.

Sesuai dengan pengertian pemasaran di atas, beberapa fungsi pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Fungsi pertukaran

Melalui aktivitas pemasaran, barang dapat dikenali dan diminati oleh suatu pasar. Dalam hal ini fungsi tukar adalah pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen dengan cara menukarkan uang dengan produk yang ditawarkan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Produk yang dihasilkan oleh produsen tentunya tidak hanya sampai di hadapan konsumen, ini melalui suatu proses distribusi. Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.

3. Fungsi perantara

Kegiatan pemasaran juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Fungsi perantara ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.

Secara garis besar ketiga poin di atas merupakan fungsi utama dari pemasaran. Selain itu, beberapa fungsi kegiatan pemasaran lainnya adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai penjualan, yaitu aktivitas menjual produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
  • Berfungsi sebagai alat promosiyaitu kegiatan memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.
  • Berfungsi untuk penelitian dan Pengembanganyaitu proses pemasaran yang menyerap berbagai informasi bermanfaat tentang tanggapan masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk di masa yang akan datang.
  • Berfungsi untuk mewujudkan konsep tersebut komunikasi pemasaranyaitu peran pemasaran dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat atau perusahaan lain.

Baca juga: Rencana pemasaran

Konsep pemasaran

Fungsi Pemasaran di Perusahaan

Merujuk pada definisi pemasaran di atas, secara umum ada empat konsep dasar pemasaran. Konsep pemasarannya adalah sebagai berikut:

1. Produksi

Produksi adalah proses mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi atau menambah nilai pada suatu produk (barang atau jasa). Tim pemasaran suatu perusahaan harus melakukan penelitian untuk mengetahui produk apa yang diminati pasar.

Selain itu, tim pemasaran juga harus mengamati pemain di niche tersebut dan harga yang berlaku di pasar. Ini menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang dilakukan oleh perusahaan.

2. Produk

Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat. Produk dibedakan menjadi 3 kategori yaitu barang, jasa, dan ide.

Semua konsumen menginginkan produk yang berkualitas, terjangkau, dan unik. Menghasilkan produk berkualitas tinggi penting dalam proses pemasaran itu sendiri. Tanpa produk yang berkualitas, proses pemasaran akan sangat sulit dilakukan dengan sendirinya.

3. Pemasaran

Pemasaran adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi permintaan pasar. Aktivitas pemasaran ini meliputi pembuatan produk yang bernilai jual, harga, promosi, layanan pelanggan, dan lain-lain.

Tujuan utama pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan kata lain, kepuasan pelanggan sangat penting dalam proses pemasaran.

4. Penjualan

Semua kegiatan produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka penjualan produk. Semakin besar angka penjualan, idealnya keuntungan perusahaan juga semakin besar.

Kegiatan penjualan ini sering kali dilakukan dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya meningkatkan angka penjualan.

Baca juga: Pangsa Pasar Apakah

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian pemasaran, fungsi pemasaran, dan konsep pemasaran secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

sumber : maxmanroe.com